Senin, 12 November 2012

APA PENGERTIAN DARI OPERASI SISTEM?


Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Operasi
Mar 21, 2012
Pernah dengar istilah sistem operasi? Mungkin teman kamu pernah bertanya handphone ini sistem operasinya apa? Komputer ini Sistem operasinya apa? Apa yang dimaksud dengan Sistem Operasi? Sistem Operasi adalah suatu sistem atau program yang mengelola sumber daya suatu perangkat keras, seperti komputer, laptop, handphone dan lainnya, sehingga perangkat keras tersebut dapat beroperasi atau berjalan sesuai yang kita inginkan.
Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi
Contoh Sistem Operasi
Apa aja nih contoh sistem operasi? Untuk komputer ada beberapa jenis sistem operasi yang kita kenal yaitu Windows, Linux, Machintos, UNIX dan lainnya. Sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan komputer di dunia ini Windows. Windows dibuat oleh perusahan Microsoft yang didirikan oleh Bill gate. Saat ini Windows terbaru adalah Windows 7, kabarnya dalam waktu dekat akan ada Windows 8. Kemudian diikuti oleh Linux. Linux dibuat oleh seorang ahli komputer bernama Linus. Saat ini banyak banget orang yang mengembangkan Linux. Karena linux ini bersifat open source, sehingga setiap orang bisa melihat dan mengubah kode sistem operasi tersebut. Jenis-jenis linux sangat banyak, contohnya: Linux Redhat, Linux Ubuntu, Linux Suse, Linux Mandrake dan lainnya. Linux juga dikembangkan oleh anak bangsa seperti linux BlankOn. Biasanya orang-orang menyebut jenis-jenis linux ini dengan sebuta distro linux. Sistem operasi linux bersifat gratis, berbeda dengan Windows yang harus mengeluarkan duit untuk mendapatkannya.
Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Operasi
Selain komputer, perangkat keras lainnya yang menggunakan sistem operasi adalah handphone. Saat ini mungkin anda sudah tahu Android? Ya, android adalah salah satu sistem operasi handphone yang terkenal saat ini. saat ini android terbaru adalah android versi 4.0 atau dikenal dengan sebutab android Ice Cream Sandwich. Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Selain android, masih ada beberapa sistem operasi untuk handphone yang terkenal yaitu: iOs yang diperuntukkan untuk iPhone buatan Apple. Kemudian ada Windows Mobile yang dibuat oleh microsoft, lalu ada yang terkenal pada zaman dahulu yaitu sistem operasi Symbian, yang banyak digunakan oleh handphone merek Nokia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar